Jumat, 11 April 2008

Memberi Nama untuk Kelompok Musikmu

Syarat nama band/ kelompok musik yang baik:
1. Singkat
Agar mudah diingat, jangan menggunakan nama yang terlalu panjang, cukup satu sampai tiga kata saja. Intinya, makin singkat, makin baik. Walaupun memilih nama yang cukup panjang, usahakan agar tetap bisa disingkat dengan enak.
Contoh:
- Sheila on 7 biasa disebut Sheila saja
- White Shoes and the Couples Company bisa disingkat White Shoes saja
- Maliq and D'Essentials cukup disebut Maliq

2. Mudah diucapkan
Penggunaan bahasa asing untuk nama band tidak haram, hanya saja jangan sampai membuat lidah pendengarmu "keriting" saat mengucapkannya. Lebih baik lagi kalau cara pengucapannya tidak jauh berbeda dengan tulisannya seperti "Project Pop"

3. Mengandung arti atau filosofi yang baik
Saya percaya bahwa nama adalah doa. Karena itu, jangan asal mencomot suatu kata dari kamus atau ensiklopedi tanpa tahu artinya. Contoh nama band yang atraktif tapi tidak mengandung makna bagus adalah band Indonesia Peter Pan (maaf,jangan tersinggung). Tidak bagus karena tokoh utama dongeng anak-anak ini tidak mau dewasa dan sikap kekanak-kanakan bukanlah sikap yang layak dimiliki band yang ingin maju.

Kalau ketiga syarat di atas sudah dipahami, mari kita lanjutkan pada ide-ide untuk nama band atau kelompok musikmu.

1. Akronim atau singkatan nama personil band

Usahakan agar akronim atau singkatan nama-nama itu membentuk kata yang berfilosofi bagus. Contoh dalam hal ini adalah band pendatang baru RAN (Rayi, Asta, dan Nino). Selain gampang melekat di ingatan, nama ini terdengar seperti kata bahasa inggris yang berarti "berlari," menyiratkan harapan agar band tersebut terus melesat menuju kesuksesan.

2. Ambil dari nama benda
Harus diingat, nama benda yang diambil harus menimbulkan asosiasi yang positif bagi yang mendengar. Jadi jangan gunakan nama "Tong Kosong." Selain itu, lebih baik lagi kalau nama tersebut mampu mencerminkan ciri khas band.
Contoh: - Kotak. Nama ini mudah diingat dan mencerminkan jumlah personilnya yang empat orang
-Mocca. Semua orang suka mocca 'kan?

3. Nama Keluarga
Tentu saja nama band seperti ini hanya berlaku kalau semua anggota band berasal dari satu keluarga yang sama dan MEMANG mempunyai nama keluarga (tidak semua orang punya nama keluarga 'kan?)
Contoh: -The Corrs
-Panjaitan Bersaudara
-The Chandrawinatas (bukan, bukan, saya tidak bilang bajwa Marcell, Mischa, dan Nadine Chandrawinata membentuk grup band. Tapi kalau memang iya, nama The Chandrawinatas bagus juga.
-The Flinstones. Jangan pakai nama ini karena nanti orang-orang bingung: ini nama band atau judul serial kartun?

4. Gunakan permainan kata-kata

Contoh: Stereomantic. Gabungan dari Stereo dan Romantic

5. Ciptakan kata sendiri
Yang pasti, jangan buat kata-kata yang terdengar aneh seperti "dung dung pret," kecuali kamu mau kelompok musikmu mendapat 'penghargaan' sebagai 'Band dengan Nama Teraneh Abad 21.' Contoh yang menurut saya bagus adalah "The Changcuters." Tidak punya arti khusus, tapi cukup 'catchy."

6. Nama yang menggambarkan peristiwa yang berhubungan dengan bandmu. Misalnya kalau semua anggota band perempuan dan menyukai hujan ambil saja nama "Lady in the Rain" sebagai nama band.

Memang, Shakespeare pernah bilang kalau nama bukan segalanya. Tapi, harus diakui nama tetap penting. Menyangkut kelompok musik, kualitas musik tentu lebih menentukan daripada nama yang oke. Tapi, tetap saja semua hal perlu nama. Oh ya, tips di atas bisa juga digunakan untuk memberi nama anak kamu.

Selamat mencoba!

1 komentar:

io frazio mengatakan...

keren th blognya